Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Objek Gelas Menjadi Bening di Blender

 Membuat Objek Gelas Menjadi Bening Di Blender


Selamat datang di HelDesain... kali ini saya akan memberikan cara untuk membuat objek gelas menjadi gelas bening di aplikasi blender. Apa sih yang dimaksud dengan Aplikasi Blender?.... 

Blender adalah perangkat lunak 3D yang sangat fleksibel dan kuat, memungkinkan Anda membuat berbagai macam model 3D, termasuk gelas.Blend Mode



Membuat Objek Gelas Menjadi Bening

Untuk membuat efek gelas yang tampak bening di Blender, ada beberapa langkah detail yang harus dilakukan, terutama dalam mengatur bahan dan pencahayaan. Proses ini memastikan hasil render terlihat realistis dan sesuai dengan karakteristik kaca. 

Pertama anda harus menyiapkan atau membuat objek gelas terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki objek gelas, pastikan objek tersebut memiliki bentuk yang sesuai dengan gelas, seperti menggunakan Modifier Subdivision Surface untuk bentuk yang lebih halus.



Pilih objek gelas tersebut, lalu buka tab Material Properties (ikon bola di sebelah kanan tampilan). Klik New untuk membuat material baru. Setelah membuat material baru, pada bagian Surface , pilih Glass BSDF dari dropdown. Shader ini akan memberikan tampilan dasar material kaca.


Ubah parameter Roughness menjadi 0 agar permukaan kaca terlihat sangat halus dan bening. Jika ingin menambahkan sedikit kabut, Anda bisa meningkatkan sedikit nilai Roughness . Sesuaikan IOR (Indeks Refraksi) dengan nilai 1.45 , yang merupakan standar IOR untuk kaca. Nilai ini mengatur bagaimana cahaya dibiaskan saat melewati material kaca, membuatnya terlihat lebih realistis.


Selanjutnya buka tab Render Properties (ikon kamera) di sebelah kanan. Pilih Cycles sebagai mesin render untuk menghasilkan efek kaca yang lebih realistis. Cycles mampu menangani cahaya dengan lebih akurat dibandingkan Eevee. Jika menggunakan Eevee, pastikan Screen Space Reflections diaktifkan, dan di bagian bawahnya, centang Refraction untuk membuat cahaya dapat menembus dan membiaskan melalui kaca. Di bawah pengaturan Render dalam Material Properties, aktifkan Screen Space Refraction untuk memastikan pembiasan diaktifkan.


Masih di Material Properties , gulir ke bagian Settings. Pada Blend Mode, pilih Alpha Blend atau Alpha Hashed. Pengaturan ini memungkinkan bagian dari objek menjadi transparan. Aktifkan Show Backface jika Anda ingin sisi dalam dari gelas juga terlihat transparan.



Pencahayaan sangat penting untuk menampilkan efek kaca yang bening. Gunakan Area Lights atau HDRI (High Dynamic Range Image) untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih natural. HDRI dapat digunakan sebagai lingkungan untuk memberikan pencahayaan global pada pemandangan, membantu memunculkan refleksi dan transparansi pada objek kaca. 

Tekan F12 untuk memulai render dan melihat hasilnya. Perhatikan hasil render: gelas Anda seharusnya tampak bening, dengan cahaya yang membias dan merefleksikan lingkungannya.

Jika hasilnya masih terlihat terlalu buram atau tidak cukup bening, Anda bisa kembali ke pengaturan shader dan mengurangi nilai Roughness , atau menyesuaikan parameter di Mix Shader untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai.

Akhir Kata

Sekian cara Membuat Objek Gelas Menjadi Bening di Blender. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca, dan jangan lupa untuk di lakukan. Terimakasih....

Posting Komentar untuk "Membuat Objek Gelas Menjadi Bening di Blender"